Pembukaan CARTESIAN (Carisma Matematika dalam Simphony Keakraban)

WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.01

Pembukaan acara CARTESIAN (Carisma Matematika dalam Simphony Keakraban)

Sabtu-minggu, 14-15 oktober 2017

 Acara ini merupakan acara pertama yang diselenggarakan dari HIMA Matematika Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, acara ini bertemakan “CARTESIAN”  yang merupakan singkatan dari Carisma Matematika dalam Simphony Keakraban, yang tujuannya untuk menjalin keakraban dan kekompakan  antarmahasiswa baru dan  antarmahasiswa baru dengan mahasiswa senior Tadris Matematika IAIN Bengkulu. Kegiatan acara dilakukan pada tanggal 14-15 oktober 2017.

Pembukaan acara  dilaksanakan pada hari sabtu jam 14.00 di gedung Saintek IAIN Bengkulu lantai 2. Rincian kegiatan diawali dengan pembukaan acara yang dilakukan  oleh Ketua Prodi Tadris Matematika ibu Fatrima Santri Syafri, M.Pd Mat. Dalam kata sambutannya KA Prodi menekankan visi dan misi dari Tadris Matematika yaitu terdepan dalam penelitian dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang professional, kompetitif, inovatif dan memiliki kecakapan dibidangnya serta berjiwa wirausaha dan islami tahun 2025. Ketua Prodi juga secara resmi mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di keluarga besar program studi Tadris Matematika dan selamat sebagai mahasiswa baru calon intelektual muda, calon pendidik bangsa, calon wirausahawan  yang professional, bermoral dan bermartabat. Sebelum membuka acara dengan resmi ibu Fatrima juga menyampaikan sebuah pantun dan kata motivasi seperti berikut.

Dua tambah tiga

Sama dengan lima

Prodi tadris matematika semakin jaya.

Jayalah Tadris Matematika

                             Jayalah Fakultas Tarbiyah dan Tadris

                             Jayalah IAIN Bengkulu

                             Jayalah Indonesiaku

Setelah acara pembukaan, acara kemudian  dilanjutkan dengan kegiatan seminar yang bertemakan “Meningkatkan Mutu Belajar dan Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Matematika”. Materi seminar disampaikan oleh Dodi Isran M.Pd Mat. Uraian materi secara singkat menyampaikan bagaimana menciptakan suasana belajar pribadi yang bermutu sehingga dapat mendukung pencapaian prestasi di lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat. Diantaranya dengan memanajemen waktu belajar, mamanfaatkan semua sumber belajar secara efiktif dan efisien, dan berlatih berpikir kritis dan kreatif dalam menanggapi masalah atau tantangan yang ada. Mahasiswa Tadris Matematika juga diharapkan dapat menyebarkan citra positif dari matematika, sehingga matematika tidak lagi menjadi pelajaran yang dianggap membosankan dan sulit pada kalangan mahasiswa khususnya dan mayarakat pada umumnya. Setelah penyampaian materi seminar, acara dilanjutkan dengan dialog dan diskusi antara mahasiswa tadris matematika dan penyeminar. Acara kemudian dilanjutkan dengan ishoma (istirahat, sholat dan makan) sampai jam 18.30 malam.

Pada malam hari, kegiatan dimulai dengan pembacaan yasin bersama-sama setelah sholat magrib, yang dipimpin oleh ustad Khosi’in M.Pd. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi singkat mengenai organisasi, yang disampaikan oleh ketua HIMA Tadris Matematika Sepi Wulandari. Lalu dilanjutkan dengan acara Pentas Seni (Pensi). Acara pensi ini bertujuan memfasilitasi bakat dan kreativitas mahasiswa baru Tadris Matematika. Mahasiswa baru menampilkan bakat mereka antara lain dalam kemampuan berkating, bermain musik, manari, dan menyanyi. Hal ini menegaskan bahwa mahasiswa Tadris Matematika IAIN Bengkulu tidak hanya memiliki intelektual yang tinggi tetapi juga jiwa seni yang bagus dan mampu bersaing. Acara PENSI dilaksanakan dari pukul 20.00-21.00, yang kemudian mahasiswa istirahat dan tidur.

Minggu tanggal 15 Oktober pukul 03.30. Acara dilanjutkan dengan renungan suci dan tahajud bersama guna menumbuhkan keimanan dan akhlak mulia pada diri mahasiswa. Pada pukul 05.00 dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah, yang dilanjutkan dengan senam pagi bersama selama satu jam.  Setelah senam adalah acara sarapan bersama. Acara selanjutnya yaitu outbond. Pada acara outbond mahasiswa baru dibagi kedalam enam regu. Kegiatan outbond antara lain ngambil koin dalam terigu, balap karung, memindahkan kelereng, air dalam piring, mengisi air dalam paralon yang berlobang, serta mandi bola. Kagiatan outbond bertujuan melatih ketangkasan, kerjasama, kreativitas mahasiswa. Contohnya pada kegiatan memindahkan kelerang. Mahasiswa harus mampu menggunakan daya nalar dan kemampuan berpikir kreatifnya sehingga mampu memindahkan kelerang dengan cepat dari garis start permainan hingga garis finis.

 

Berikut ini merupakan galeri kegiatan CARTESIAN :

WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.43.59 WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.02 (1) WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.02 WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.03 WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.05 WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.06 (1) WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.06 WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.57.32 WhatsApp Image 2017-10-17 at 10.58.08

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *