FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

RUMUSAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA
PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

VISI

Menjadi pusat pengembangan Pendidikan Bahasa Arab yang unggul, profesional, berwawasan keislaman, dan kewirausahaan di Asia Tenggara pada tahun 2037

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab yang berorientasi pada kemandirian yang bernuansa Islami dalam mengembangkan potensinya.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan mengembangkan ilmu pendidikan Bahasa Arab untuk tingkat dasar sampai dengan menengah,
  3. Melakukan pengabdian masyarakat melalui kajian, penyuluhan, penataran, dan sejenisnya yang berkaitan dengan pendidikan dasar sampai dengan menengah yang berperspektif Islam agar mahasiswa memiliki kompetensi sebagai calon guru Bahasa Arab di sekolah atau Madrasah dan Pondok Pesantren, berwawasan luas, dan berbudi pekerti luhur.
  4. Membangun jaringan kerjasama kemitraan dengan lembaga dalam maupun luar negeri.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian, dan sosial yang mendalam dan utuh, berpikir kritis, cendikia dan berjiwa kewirausahaan terkait dengan pendidikan dan pengajaran Bahasa Arab pada tingkat dasar sampai dengan menengah yang Islami.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian yang menggambarkan pemahaman terhadap dasar-dasar ilmiah sebagai landasan untuk pemecahan masalah di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Arab kepada masyarakat.
  3. Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Arab kepada masyarakat dan dunia pendidikan.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menterjemahkan naskah-naskah yang sesuai dengan kaidah-­kaidah, norma, etika keilmuan dan kewirausahaan.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu memandu wisatawan domestik dan mancanegara sesuai dengan kaidah-kaidah, norma, etika kepariwisataan dan kewirausahaan.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu memberikan jasa konsultasi kebahasaan sesuai dengan kaidah-kaidah, norma, etika dan kewirausahaan

 

PROFIL LULUSAN

Profil Utama : Guru Bahasa Arab

Profil Pendukung:

  1. Penterjemah
  2. Pemandu wisata

Profil lainnya:

  1. Konsultan bahasa
  2. Fasilitator dan instruktur bahasa
  3. Penulis buku Bahasa Arab
  4. Peneliti dalam Bahasa Arab

In many cases, teachers may allow or urge students consider to take part in competitions as independent projects.