PROFIL FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS IAIN BENGKULU

 

  1. Sejarah Berdiri

 

Fakultas Tarbiyah sekarang merupakan peralihan dari Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang. Fakultas Tarbiyah sendiri awalnyaadalah sebuah Fakultas Tarbiyah swasta di Manna, yang dipindahkan ke Kotamadya Bengkulu pada tahun 1982 untuk dibenahi dan dipersiapkanmenjadi Fakultas Tarbiyah IAIN. Pada tahun 1984, fakultas ini disetujui menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang Lokal Jauh Bengkuludan diresmikan tanggal 15 Agustus 1984 oleh Prof. K.H. Zainal Abidin Fikry Rektor IAIN Raden Fatah Palembang, sekaligus melantik Drs. BadrulMunir Hamidy sebagai Kuasa dekan. Melalui perjuangan yang cukup panjang, Fakultas tarbiyah IAIN Raden Fatah Bengkulu pada tanggal 9 Juli 1994akhirnya dinegerikan dan diresmikan oleh Dirjend Binbaga Islam Departemen Agama RI. Jabatan Fakultas Tarbiyan dipegang oleh Drs. H. BadrulMunir Hamidy. Bersamaan dengan penetapan fakultas-fakultas cabang (di luar kampus induknya) menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri(STAIN), pada tanggal 30 Juni 1997, Fakultas Tarbiyah berubah nama menjadi Jurusan Tarbiyah, dan menjadi salah satu jurusan yang ada di lingkunganSTAIN Bengkulu.Sejak berdiri menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fattah Palembang, lembaga ini telah dipimpin oleh empat orang dekan/ketua jurusan yaituDrs. H. Badrul Munir Hamidy (1984-1997), Drs. Bakhtiar (1997-2001), Drs. Ahmad Djazuli, M.Pd. (2001-2003), Drs. Kemas Badaruddin, M.Ag (2003-2006) dan Drs. Mawardi Lubis, M.Pd (2006-2010) didampingi Musmulsyadi, S.Ag, M.Pd sebagai sekretaris jurusan, Drs. Rizkan A Rahman, M.Pd(2010-2013) dengan sekretaris AL-Fauzan Amin, M.Ag. Saat ini Fakultas Tarbiyah dipimpin oleh Dekan Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd. (2013 -Sampai saat ini, Fakultas dan Jurusan Tarbiyah dan telah mengeluarkan alumni sebanyak 1660 orang, yang berkiprah di masyarakat, selain berprofesi sebagai tenaga pendidik, ada juga yang berkiprah sebagai politisi, wiraswastawan, Pegawai Negeri Sipil maupun profesi lainnya.

 

  1. Tujuan berdiri.

 

Untuk menghasilkan sarjana ilmu pendidikan Islam yang bersikap kritis dan kreatif dalam rangka membangun negara lewat proses pendidikanatas dasar agama demi kesejahteraan rakyat.Mendidik dan menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang memiliki keahlian dalam satu atau bidang ilmu pendidikan Islam, yang tanggap danmampu menganalisa masalah-masalah dan mengembangkan model-model pendidikan Islam, baik berskala lokal maupun nasional. Menghasilkan pemikiran serta karya ilmiah bagi pengembangan Ilmu Tarbiyah dan mengadakan pembaharuan sesuai dengan tuntutan zamanserta mengomunikasikan dalam meningkatkan martabat manusia.Untuk mendidik dan menghasilkan sarjana-sarjana ilmu tarbiyah yang berkeahlian dalam satu atau lebih bidang keguruan.Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu pada saat ini mempunyai mahasiswa 741 orang yang diasuh oleh 34 dosen terdiri dari: tiga orang berpendidikan S-3,26 orang berpendidikan S-2 dan 5 orang berpendidikan S-1. Jurusan Tarbiyah telah memiliki 3 Jurusan yaitu ; (1) Jurusan Tarbiyah yang terdiri dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), (2) Jurusan Tadris yang terdiri dari Pendidikan Bahasa Arab(PBA) dan Tadris Bahasa Inggris (TBI) serta (3) Jurusan Reguler II.Untuk meningkatkan mutu lulusan, Fakultas Tarbiyah telah memiliki program unggulan yaitu Intensive Class pada program studi Bahasa Arab (PBA)dan Tadris Bahasa Inggris (TBI). Program ini dilaksanakan mulai Tahun Akademi 2007/2008. Standar kompetensi yang diharapkan dari programIntensive Class Bahasa Arab adalah mahasiswa dapat membaca dan menerjemahkan kitab Arab, meng-i`rab, men-syarah dan berkomunikasi dengan bahasa Arab.Begitu juga dengan bahasa Inggris, standar kompetensi yang diharapkan adalah memiliki penguasaan terhadap language skill, linguistic dan teachingskill.

 

 

The department has said that applications will be judged see this website both by outside peer reviewers and department officials, with mr.