Tadris Bahasa Inggris

A. VISI

Visi Prodi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu adalah: Menjadi prodi yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik profesional, islami, dan berjiwa entrepreneurship di Asia Tenggara pada tahun 2037”.

Adapun penjelasan Misi TBI adalah sebagai berikut:

  1. Unggul yang dimaksud pada visi di atas maksudnya prodi TBI memiliki kelebihan di bidang keterampilan berbahasa, hiburan edukasi (edutainment), antologi cerpen yang berbeda dengan  prodi TBI yang ada di PTKIN/PTUN.
  2. Profesional, yang dimaksud disini adalah keahlian dalam melakukan tugas-tugas pekerjaannya berdasarkan keilmuan dan keterampilan yang diperoleh dari prodi.
  3. Islami yang dimaksud di sini adalah mengintegrasikan materi bahasa inggris dengan nilai-nilai
  4. Berjiwa kewirausahaan maksudnya prodi TBI menyiapkan mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan yang mandiri dan siap menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan bidang ilmunya. Wirausaha yang sesuai dengan Prodi TBI bergerak dalam bidang jasa,  antara lain  mendirikan Lembaga kursus, penerjemah, reporter, dan menjadi guide.
  5. Pertimbangan dimensi waktu pencapaian juga melalui pertimbangan bahwa pada tahun 2037 Prodi TBI telah maju dan mencapai target-target yang ada di Rencana Induk Pengembangan dan Rencana Strategis. Tahapan-tahapannya:
    • 2013-2018 unggul di regional Sumatera
    • 2018-2027 unggul di Indonesia
    • 2027-2037 unggul di Asia Tenggara
  6. Melihat perkembangan ilmu di bidang bahasa Inggris dan pengajarannya, keunggulan Prodi ini dapat mencakup wilayah Asia Tenggara, dalam konteks MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dengan mempertimbangkan potensi keunggulan keilmuan, SDM, sarana dan prasarana, dan dukungan pemerintah daerah, alumni, dan masyarakat Bengkulu yang agamis.

B. MISI

Misi Program studi TBI Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu adalah berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam mencetak tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional di bidang Bahasa Inggris, berdaya saing, dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Melaksanakan pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
  3. Melaksanakan penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Inggirs yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dan melaksanakan pendidikan yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran dan pengimplementasian pendidikan bahasa Inggris.
  4. Melakukan kerjasama berskala nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris, penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan profesionalisme tenaga pendidik dalam bidang bahasa inggris.
  5. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris secara terpadu,  menghibur, efektif dan efisien.