PROGRAM STUDI TADRIS IPS
FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS
IAIN BENGKULU

 

VISI

Unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik Ilmu Pengetahuan Sosial yang Islami, kompetitif, dan berjiwa kebangsaan di Asia Tenggara tahun 2037.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset, dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, IPTEK dan berjiwa kebangsaan dalam rangka menghasilkan ahli dan praktisi di bidang IPS terpadu.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial yang terintegrasi kurikulum terpadu untuk menghasilkan tenaga pendidik yang islami, profesional, dan berjiwa kebangsaan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis riset untuk menghasilkan tenaga pendidik Ilmu Pengetahuan Sosial yang islami, profesional, dan berjiwa kebangsaan.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga internal dan eksternal dalam rangka peningkatan kualitas berstandar nasional pada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa melalui kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

TUJUAN

  1. Melahirkan tenaga pendidik di bidang IPS terpadu yang berkualitas sesuai dengan kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian.
  2. Melahirkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga dapat memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi berbagai persoalan sosial kemasyarakatan.
  3. Melahirkan lulusan yang berkepribadian Islami, berwawasan luas dan modern, dan berjiwa kebangsaan sehingga dapat mengimplementaiskan IPS terpadu sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas.
  4. Terwujudnya Program StudiTadris IPS sebagai salah satu pusat penelitian, pengembangan dan mitra kerja di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia.

SASARAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik di Bidang IPS Terpadu yang berkualitas sesuai dengan kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan keperibadian
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial, sehingga dapat memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi berbagai persoalan sosial kemasyarakatan
  3. Menghasilkan lulusan yang berkepribadian Islami, berwawasan luas dan modern, dan berjiwa kebangsaan sehingga dapat mengimplementaiskan IPS terpadu sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas
  4. Menjadi salah satu pusat penelitian, pengembangan dan mitra kerja di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia

 

JURNAL YANG TERSEDIA

Madania : Jurnal Kajian Keislaman
Studia Islamika
Jurnal Antropologi Indonesia
Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial