VISI

“Unggul dalam mengembangkan sumber daya pendidik yang islami dan berjiwakebangsaan di Asia Tenggara tahun 2037”.

 

MISI

  1. Melakukan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berbudi pekerti luhur dan berdaya saing ditingkat Asia Tenggara
  2. Mengembangkan imu-ilmu kependidikan dan keguruan secara integratif.
  3. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan bermanfaat untuk pengembangan IPTEK yang diakui secara nasional dan Asia Tenggara
  4. Memperluas networking (kerjasama) dengan lembaga-lembaga baik regional, nasional dan Asia Tenggara melalui penerapan  IPTEK  inovatif  kepada masyarakat,  pemerintah dan sektor swasta sebagai kontribusi pada pembangunan nasional.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berwawasan keislaman, berkemampuan profesional, berbudi pekerti luhur dan berjiwa kebangsaan yang menjunjung kebersamaan dalam perbedaan.
  2. Menghasilkan publikasi ilmiah melalui penelitian yang berkualitas dan inovatif untuk menunjang pembangunan nasional.
  3. Menghasilkan ide-ide/gagasan dan publikasi (buku, jurnal, dan artikel) dalam bidang kependidikan, keguruan dan keislaman.
  4. Membangun  kerjasama yang  berkelanjutan  dengan masyarakat pengguna,  stekholders, pemerintah dan lembaga-lembaga nasional dan asia tenggara dalam  pengembangan pendidikan dan penelitian serta penerapan IPTEK.
  5. Mewujudkan tata kelola fakultas yang mampu memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan memuaskan di kalangan mahasiswa, dosen, dan alumni/masyarakat.
Sasaran
  1. aspek pendidikan, pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar internasional dan pemenuhan muatan nasional.Sasaran pengembangan adalah terwujudnya kurikulum yang dapat mengikuti
    perkembangan iptek tanpa menghilangkan kompetensi keilmuan. Evaluasi dilakukan secara periodik setiap 4 tahun. Pada saat ini penyesuaian kurikulum telah diterapkan pada periode akademik 2015/2016 dengan menerapkan kurikulum berbasis KKNI
  2. Aspek kompetensi akademik mahasiswa:
    1) penguasaan terhadap ilmu-ilmu yang menjadi konsentrasi keahlian mahasiswa melalui kegiatan kuliah dan penugasan di luar kelas;
    2) kompetensi dalam membuat karya tulis ilmiah (makalah, artikel, dan sebagainya)
    3) kompetensi dalam melakukan penelitian, menyusun laporan hasil penelitian serta mampu mempertanggujawabkan hasil penelitian (khususnya dalam bentuk skripsi)
    4) kompetensi yang menunjang tugas profesional sebagai calon pendidik/guru di sekolah/madrasah/pesantren, dan lembaga pendidikan non formal lainnya.